Trik Gampang Biar Tidak Stres Saat Kuliah

Ditulis oleh Garink T.

Banyak remaja yang berpikir bahwa kehidupan mahasiswa itu sangat mengasyikkan. Namun, setelah dijalani, ternyata tidak semua sesuai dengan bayangan selama ini. Faktanya, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami stres, karena beban tugas yang sangat banyak. Belum lagi harus mengikuti jadwal kuliah yang padat, sehingga benar-benar akan menguras tenaga.

Belum lagi mahasiswa yang tinggal di kota lain atau tidak bersama orang tuanya, juga harus mengatur kehidupannya sendiri, mulai dari soal makanan, cucian pakaian, mengelola uang, hingga kebersihan rumah kontrakan atau tempat kost. Tapi, jika semua bisa dijalani dengan baik, stres dapat dihindari. Berikut inilah beberapa trik gampang biar tidak stres saat kuliah.

1. Atur waktu dengan baik

Pintar-pintar dalam mengatur waktu adalah salah satu trik paling penting untuk dilakukan agar tidak stres saat kuliah. Kamu harus bisa membuat jadwal kegiatan sehari-hari dengan rapi, sehingga ada porsi tepat untuk semua agenda tersebut. Dengan begitu, kamu pun bisa meminimalisir kejadian tugas yang terbengkalai, misalnya gara-gara terlalu banyak menghabiskan waktu bersantai dengan teman-teman. Selain itu, dengan adanya jadwal kegiatan sehari-hari, kamu juga bisa lebih gampang dalam membuat janji dengan teman.

Image by okezone.com

2. Ambil kuliah sesuai kemampuan

Banyak mahasiswa yang memaksakan diri untuk mengambil banyak mata kuliah dalam satu semester, dengan niat agar bisa cepat tamat. Keputusan seperti ini malah sering kali berdampak negatif, misalnya menjadi terbebani sehingga nilai akhirnya pun jadi anjlok. Oleh karena itu, mulailah mengambil mata kuliah sesuai dengan kemampuan. Kamu harus bijak dalam menyusun kredit semester, sehingga mudah dalam menjalani kuliah. Cepat lulus kuliah memang penting, tapi lebih penting lulus tepat waktu dengan hasil maksimal.

3. Jangan lupa olahraga

Usahakan, minimal sekali seminggu berolahraga. Lari santai atau bersepeda di minggu pagi bisa kamu lakukan bersama teman. Selain bisa sambil bercerita dengan teman karib, tubuh kamu juga akan lebih sehat daripada hanya menghabiskan waktu berleha-leha di rumah. Apalagi, berdasarkan penelitian para ahli, olahraga telah terbukti bisa membantu menurunkan resiko stres. Pilihan lain, kamu juga bisa mengikuti unit kegiatan mahasiswa di kampus, sekalian sambil mencari pengalaman organisasi dan teman-teman yang baru.

Image by okezone.com

4. Berlibur ke tempat baru

Capek menjalani kuliah dan mengerjakan tugas-tugas selama beberapa bulan terakhir, maka ada baiknya kamu mulai merencanakan untuk pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang baru dan mengasyikkan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan suasana yang baru dan sejenak melupakan beban sebagai mahasiswa. Selain itu, berlibur juga bisa membuat kamu lebih segar menghadapi tugas-tugas selanjutnya di kampus. Pergilah berlibur dengan teman-teman dekat biar seru, atau berlibur sendiri jika ingin ketenangan.