Tips Sederhana untuk Mengatasi Susah Tidur

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Apakah Anda pernah mengalami susah tidur di malam hari? Atau, sering terbangun di saat tengah malam dan susah untuk kembali tidur? Memang ada banyak orang yang memiliki kesulitan untuk tidur lelap, atau dalam ilmu medis dikenal dengan insomnia alias masalah sudah tidur. Bahkan, di Indonesia sendiri diketahui setidaknya ada sekitar 28 juta jiwa yang mengalami masalah insomnia ini, dengan jumlah total waktu tidur hanya 3-4 jam per hari.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab insomnia, mulai dari stres, sakit, pengaruh obat, ruangan yang tidak nyaman, perbedaan waktu di tempat yang baru, hingga karena terlalu banyak tidur pada siang hari. Tak hanya itu, berbagai masalah baru pun bisa ditimbulkan oleh insomnia, seperti mengantuk, pusing, kurang fokus, hingga bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Nah, berikut ada lima tips sederhana untuk mengatasi susah tidur.

1. Berolahraga secara rutin

Image by fakta.co.id

Olahraga rupanya dapat membantu melepaskan hormon endorphin yang selama ini bisa membuat susah tidur. Oleh karena itu, luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga secara rutin di pagi hari. Berolahraga yoga juga bisa membantu untuk mengatur pernapasan, sehingga akan membuat tubuh jadi lebih rileks dan tertidur dengan lelap.

2. Makan makanan bernutrisi

Image by nutritifood.com

Tidak sedikit penderita insomnia yang terpaksa mengonsumsi pil tidur agar bisa tertidur nyenyak di malam hari. Cara praktis ini harus segera ditinggalkan, dan mulailah memakan makanan bernutrisi. Pisang yang mengandung vitamin B6 tinggi, atau segelas susu yang kaya akan kalsium akan menghasilkan hormon serotonin yang membuat tidur jadi lelap.

3. Bersihkan kamar tidur

Image by health.liputan6.com

Ternyata faktor eksternal juga bisa menyebabkan terjadinya masalah susah tidur. Misal, karena lingkungan yang kurang nyaman. Oleh karena itu, jangan lupa bersihkan kamar tidur setiap hari dan mengganti sprei minimal sebulan sekali. Dengan begitu, Anda pun akan merasa nyaman dan rileks setiap malamnya, sehingga bisa tertidur dengan lelap.

4. Mandi air hangat

Image by lifestyle.liputan6.com

Setelah menjalani aktifitas padat selama seharian, jangan lupa untuk menyempatkan diri mandi atau berendam dengan air hangat sekitar 90 menit sebelum tidur. Gunakan air dengan suhu 32-37 derajat celcius selama 10-20 menit, agar suhu tubuh menjadi stabil. Dengan begitu, maka tubuh pun akan terasa nyaman dan rileks, sehingga tidur bisa lelap.

5. Dengarkan musik klasik

Image by bacaberita.com

Mendengarkan musik diketahui juga bisa membantu menyembuhkan insomnia. Pasalnya, musik dapat mengirimkan transmisi ke otak untuk membuat Anda tertidur dengan lelap. Namun, jangan asal pilih musik. Karena, hanya musik yang lembut, seperti musik klasik dan dengan nuansa mellow yang bisa membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyenyak.