Tips Menghindari Pertengakaran Rumah Tangga

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Setiap pasangan, baik yang baru menjalani bahtera rumah tangga maupun sudah bertahun-tahun bersama sebagai satu keluarga, pasti pernah menghadapi perbedaan pendapat hingga berujung dengan pertengkaran. Namun, tentu saja kondisi itu sangat tidak diharapkan, dan bahkan ingin sekali untuk dihindari. Karena, memang tidak sedikit percekcokan itu berujung dengan perpisahan. Berikut ini ada beberapa tips menghindari pertengkaran rumah tangga.

1. Istirahat beberapa saat

Berhentilah dan kemudian keluar dari kamar ketika terjadi cekcok dengan pasangan. Menurut seorang penasehat klinis, Timothy Warneka, meski pun hanya beristirahat selama 30 detik, namun waktu tersebut sampa seperti dengan menekan tombol reset pada sebuah pertengkaran. Ketika kembali berdebat dengan pasangan, setidaknya kamu sudah lebih tenang untuk menerima pernyataan dan memikirkan solusi yang paling baik.

2. Tidur ketika mulai marah

Jika kamu sudah tak bisa lagi menahan emosi dan amarah, pergilah untuk tidur. Banyak orang yang mempercayai bahwa tidur dalam keadaan marah bisa berhasil dan menjadi pilihan terbaik. Cara ini pun memungkinkan kamu dan pasangan untuk membersihkan pikiran dari hal-hal negatif. Ketika kembali membicarakan topik yang sempat membuat perdebatan itu, kamu dan pasangan sudah terbebas dari rasa amarah yang memuncak.

Image by alodokter.com

3. Diam dan sentuh pasangan

Kamu juga bisa mencoba cara yang sederhana ini ketika diskusi dengan pasangan mulai menunjukkan potensi menjadi sebuah debat kusir. Diam terlebih dahulu, dan kemudian sentuh pasanganmu, pegang dengan lembut tangannya untuk memberikan ketenangan. Menurut seorang ahli terapi keluarga Melody Brooke, kembali memulai diskusi dengan melalui sebuah sentuhan tangan bisa mendatangkan ketenangan pada pasanganmu.

4. Ingat bagian penting dari keluarga

Pernikahan bukanlah sesuatu yang gampang. Apalagi jika sudah memiliki anak-anak, keluarga telah jadi bagian paling penting dalam kehidupan kamu bersama pasangan. Oleh karena itu, ketika terjadi pertengkaran antara kamu dengan pasangan, maka ingat kembali bagi penting dari keluarga kecil dan pasangan kamu. Kamu tentu menyadari bahwa dirimu dan pasangan punya tanggung jawab bersama untuk anak-anak kalian.

5. Mengaku bersalah pada pasangan

Cara ini memang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi, menurut ahli terapi keluarga Melody Brooke, cara yang ekstrim ini sangat sering berhasil untuk menghindari atau meredakan pertengkaran. Oleh karena itu, tidak perlu sungkan mengakui kesalahan pada pasangan jika memang kamu melakukan kesalahan tersebut. Selain itu, dengan menunjukkan empati kepada pasangan, maka tensi pertengkaran itu pun akan bisa mulai menurun.

Image by cnnindonesia.com

Itulah beberapa tips untuk menghindari pertengkaran rumah tangga. Dengan mencoba tips-tips ini, maka rasa damai dan kenyamanan dalam rumah tangga pun kini bisa didapatkan. Perbedaan argumentasi yang bisa memicu pertengkaran pun akhirnya juga bisa dihindari.