Pindah Hosting Tanpa Bikin Website Anda Down

Ditulis oleh Wiro W.

Tidak perlu lagi pengunjung website Anda menderita karena website tak dapat diakses.

Berpindah hosting kedengarannya merupakan suatu proses yang amat sulit dan merepotkan, dan yang jelas terlintas di benak Anda adalah website Anda akan down selama beberapa hari. Anda lalu takut kehilangan pengunjung, pendapatan jadi berkurang atau berbagai hal lain.

Sebenarnya tidak perlu begitu, ada cara tersendiri dimana Anda dapat pindah hosting tanpa bikin website Anda down sama sekali. Pengunjung tetap dapat melihat website atau blog Anda seperti biasa tanpa mereka mengetahui bahwa website Anda sebenarnya sedang dalam proses berpindah server.

Bagaimana caranya? Ikuti saja petunjuk saya di bawah ini.

1. Join Host Baru

Bergabung dengan host baru dan jangan meng-cancel dulu membership Anda dengan host yang lama, dan juga jangan memberitahu mereka bahwa Anda akan berpindah hosting.  Jadikan ini rahasia karena jika tidak, host lama Anda bisa saja menyetop website Anda sehingga tidak dapat diakses.

2. Download Files

Sekarang Anda telah memiliki dua hosting accounts (host yang lama dan yang baru).  Anda dapat mulai memindahkan seluruh files Anda dari host yang lama ke yang baru. Ini dapat dilakukan dengan cara membuat koneksi ke FTP host yang lama dan mengunduh semua files Anda. Lalu konek lagi ke FTP host yang baru dan upload semua files yang telah Anda unduh (pastikan bahwa file dan folder structurenya sama).

3. Backup Dan Restore Database

Anda dapat membuat back up database website lama Anda melalui cpanel, login ke cpanel tersebut, klik phpMyAdmin dan klik Export Database. Setelah selesai, restore database tersebut ke dalam host yang baru dengan cara yang sama dan klik Import Database.

4. Ubah DNS Domain

Sekarang saatnya Anda mengganti DNS website Anda. Host yang baru akan memberi Anda DNS atau nameserver yang tepat, biasanya nameserver terlihat seperti ini:

ns1.namahostbaru.com
ns2.namahostbaru.com

Setelah Anda mendapatkan DNS yang benar, Anda dapat login ke tempat Anda membeli domain tersebut dan mengganti DNS-nya secara manual melalui cpanel, atau Anda juga dapat menghubungi mereka untuk mengganti DNS-nya untuk Anda.

5. Sabar

Jika Anda telah melakukan step 1-4, selamat sekarang Anda hanya perlu menunggu paling lama dua hari sebelum website Anda mengunduh data dari host yang baru. Selama masa ini, DNS website Anda sedang dalam proses propagasi, dan website Anda akan secara random menerima data dari host yang lama atau yang baru. Setelah propagasi selesai, website Anda akan selalu membuat koneksi ke host baru.

6. Cancel Host Lama

Anda dapat menghubungi host lama Anda dan memberhentikan langganan Anda.

Begitulah tips dan trik saya berpindah hosting tanpa downtime. Tips dibuat secara garis besar, jika Anda memerlukan instruksi yang lebih detil lagi, atau jika Anda ada pertanyaan silahkan beri komentar di bawah ini.