Papa Kreatif, 6 Mainan Anak Ini Bisa Dibuat dari Kardus Bekas, Lho

Papa Kreatif, 6 Mainan Anak Ini Bisa Dibuat dari Kardus Bekas, Lho
Ditulis oleh Christine B.

Anak yang merengek-rengek minta dibelikan mainan tentu membuat hati sebal. Ditambah lagi jika kondisi dompet sedang memilukan. Alih-alih memarahinya, kita bisa membuatkan mereka mainan anak yang tak kalah seru dan menyenangkan, lho. Kabar baiknya, Anda hanya membutuhkan kardus bekas, perekat, dan pewarna saja.

1. Mobil-Mobilan
1. Mobil - Mobilan

Image by Houzz

Punya kardus bekas sepatu tak terpakai? Sulap saja menjadi mobil-mobilan. Lubangi bagian atas kardus sepatu. Buatlah pola berbentuk lingkaran, potong, dan tempelkan disisi kiri dan kanannya. Berikan pula hiasan garis-garis berwarna ala mobil balap supaya mirip dengan mobil balap sesungguhnya.

2. Rumah Barbie
2. Rumah Barbie

Image by pinterest

Rumah barbie sungguhan memang terkenal mahal di pasaran. Supaya anak dapat bermain barbie dan rumah-rumahan, kenapa tak membuatnya sendiri saja. Caranya pun cukup mudah. Siapkan tiga buah kardus bekas. Satu kardus berukuran bebas, sementara dua kardus lain harus memiliki panjang yang sama, meskipun memiliki lebar yang berbeda.

Tempelkan kedua kardus tersebut berdampingan. Lipat satu kardus bekas yang tersisa, gunakan sebagai atap dan sekat. Anda dapat menempelkan kertas warna-warni sebagai wallpaper-nya. Jangan lupa cetak foto keluarga berukuran mini untuk di tempel di dinding rumah idaman.

2. Rumah Barbie

Image by pinterest, Cakies

3. Kios-Kiosan
3. Kios-Kiosan

Image by ohhappyday.com

Ingin melatih jiwa entrepreneur anak sejak dini? Kita bisa membuat kan mereka ‘kios sendiri’. Untuk membuatnya sangat mudah. Seorang penulis kreatif Jordan, dalam laman Oh Happy Day memiliki tips jitunya. Siapkan sebuah kardus berukuran besar. Lubangi salah satu sisinya hingga setengahnya. Sisa dari potongan kardus tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakkan minuman yang akan dijual.

Pada bagian atasnya, Anda dapat membuatkan mereka atap warna-warni. Kios-kiosan ini dapat Anda mainkan bersama anak-anak. Orangtua dan anak dapat bermain peran bersama-sama. Orangtua berpura-pura menjadi pembeli dan anak berpura-pura menjadi penjualnya.

4. Perosotan portable
4. Perosotan portable

Image by thecontemplativecreative.blogspot.co.id

Semenjak mem-booming-nya gadget, anak lebih senang bermain gim dalam rumah. Padahal jika anak terlalu kecanduan gim, hal ini tentu tak baik untuk perkembangan mereka. Anak bisa mengalami obesitas, kurang gerak, dan pasif.

Tapi tenang saja, J Dix dalam blog The Contemplative Creative, memiliki ide jenius untuk membuat permainan outdoor dalam rumah. Tentu Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perosotan mini dalam rumah. Hanya berbekal kardus bekas, Anda bisa dengan mudah dan cepat membuatnya.

Pertama, urai kardus hanya menjadi satu sisi saja. Ukur panjang dan lebar tangga dan sesuaikan dengan kardus. Lekatkan kardus yang sudah disusun dan lekatkan di tas tangga. Wow, anak dapat meluncur dengan bebas dari atas tangga. Anda juga bisa melepas perosotan dari kardus bekas ini jika anak telah selesai bermain.

5. Labirin
Papa Kreatif, 6 Mainan Anak Ini Bisa Dibuat dari Kardus Bekas, Lho

Image by livinggreenwithbaby.com

Bermain labirin kini tak harus mengunjungi tempat – tempat wisata yang mahal. Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa membuatnya di rumah dan di dalam ruangan. Siapkan kardus dalam jumlah yang banyak. Ukur tinggi rata-rata anak yang akan berman disana. Lubangi kardus sesuai tinggi anak untuk pintu keluar masuk. Gabungkan kardus-kardus tersebut menjadi satu. Supaya lebih seru, Anda bisa membuat teka-teki atau tantangan mencari harta karun.

6. Tempat Tidur Boneka
6. Tempat Tidur Boneka

Image by livinggreenwith baby.com

Bagi anak-anak, boneka kurang lebih seperti manusia yang butuh tempat tidur dan memiliki rumah. Tak hanya rumah-rumahannya, Anda juga bisa membuatkan tempat tidur mainan untuknya,lho. Siapkan sebuah kardus bekas. Buatlah pola seperti di atas, potong sedikit dibagian sisi untuk merekatkan dengan bagian yang lain.

Tak perlu berpikir terlalu rumit untuk menjadi orangtua yang kreatif, bukan? Mainan – mainan anak tersebut juga bisa dimainkan dengan bersama-sama. Selain menghemat biaya, anak bisa menjadi lebih dekat dengan orang tua. Lantas, tunggu apalagi??