Cara Menjaga Jantung dengan Makanan Sehat

Ditulis oleh Garink T.

Masalah kesehatan jantung sudah menjadi salah satu pembunuh paling mematikan di dunia pada saat ini. Memang banyak manusia di zaman sekarang yang meninggal akibat serangan jantung. Bahkan tidak hanya kaum tua, tetapi juga kaum muda yang selama ini merasa masih jauh dari masalah kesehatan jantung. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung pun saat ini telah jadi prioritas bagi setiap orang, demi harapan untuk dapat memperpanjang umur.

Ada banyak cara yang harus dilakukan secara rutin dan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin berolahraga menjadi salah satu hal yang sangat penting. Selain itu, menjaga pola makan juga tidak kalah penting, demi menjaga agar jantung tetap sehat. Kebanyakan orang dewasa ini memang sudah terbiasa dengan pola dan menu makan yang tidak sehat. Nah, ada beberapa cara menjaga jantung dengan makanan sehat seperti yang berikut ini.

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Image by penabiru.com

Jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Setidaknya, seperti itulah kesimpulan dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh pakar-pakar kesehatan dunia. Makanan karbohidrat kompleks ini di antaranya gandum, beras merah, jagung, yang sangat mudah untuk ditemukan.

Aturlah pola makan setiap hari dengan mengonsumi makanan dengan jenis kandungan karbohidrat kompleks ini. Pastinya, jenis-jenis makanan ini pun tetap akan mengeyangkan setelah dimakan. Menariknya, selain bisa menjaga kesehatan jantung, makanan ini juga dapat mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi.

2. Konsumsi bawang putih

Image by bawangputih.org

Berbagai penelitian telah menemukan fakta bahwa bawang putih adalah sahabat jantung. Salah satu jenis bumbu dapur ini diketahui mengandung banyak jenis antioksidan yang mampu menangkal berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Namun, bawang putih yang segar atau masih mentah, memang punya efek yang lebih baik dari bawang kering.

Bawang putih pun memiliki banyak manfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, yang merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung. Kondisi ini biasanya dipicu oleh konsumsi garam yang telah melebihi batas wajar. Bawang putih sendiri bisa dijadikan pengganti untuk menambah rasa gurih makanan.

3. Minum teh hijau

Image by galena.co.id

Tidak banyak yang mengetahui bahwa minuman favorit banyak orang ini ternyata punya banyak manfaat, termasuk salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Selama ini, orang-orang hanya memanfaatkan teh hijau untuk membantu program diet. Namun, para peneliti berhasil membuktikan bahwa teh hijau bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian mengungkap bahwa peminum teh hijau memiliki risiko 28 persen lebih rendah dari penyakit arteri koroner. Selain itu, teh hijau juga mampu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida secara signifikan. Namun, meski pun begitu, harus ingat pula untuk tidak mengonsumsi teh hijau lebih lima cangkir per hari, untuk mencegah risiko penyakit ginjal.