6 Trik Jitu Menulis Indah di Atas Papan Tulis

6 Trik Jitu Menulis Indah di Atas Papan Tulis
wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Seni menulis indah di atas papan tulis kini memang sedang hits. Lihat saja di kafe-kafe, restoran, maupun usaha retail. Tak sedikit dari mereka yang menggunakan ornamen dan tulisan indah dengan kapur sebagai dekorasi. Di kafe-kafe, banyak dari mereka menuliskan daftar menu menggunakan konsep dan metode seperti ini. Lantas, bagaimana cara dan trik jitu menulis indah di atas papan tulis? Simak rahasia selengkapnya di bawah ini!

1. Pilih Kapur yang Sesuai
1. Pilih Kapur yang Sesuai

Image by thealzheimerssite.com

Sebagian dari kita tentu pernah merasakan belajar dengan kapur dan papan tulis saat bersekolah. Namun siapa sangka, aktivitas belajar mengajar dengan kapur dan papan tulis kini bisa dikembangkan menjadi seni yang luar biasa. Untuk bisa membuat karya seni menulis indah di atas papan tulis ini, Anda perlu menyiapkan kapur dan papan tulis.

Saat memilih kapur, pastikan kapur tidak terlalu kering. Kapur yang kering akan berdebu saat digoreskan. Selain dapat mengganggu pernafasan, debu kapur dapat mengotori papan tulis. Kapur tulis khusus seni menggambar dan menulis indah di atas papan tulis memang sudah ada di pasaran.

Namun jika kesulitan untuk mendapatkannya, Anda dapat menggunakan kapur tulis biasa. Tetapi sebelum menggunakannya, basahi dulu ujung kapur dengan sedikit air. Kapur yang sudah dibasahi akan terasa lebih lembut dan mantap saat digoreskan.

2. Pilih Font yang Akan Digunakan
2. Pilih Font yang Akan Digunakan

Image by dafont.com

Pemilihan font yang sesuai adalah poin penting dalam seni menulis indah di atas papan tulis. Terdapat berbagai macam jenis font yang dapat diunduh dengan mudah diinternet. Misalnya saja pada laman Dafont. Pilih saja satu jenis font yang artistik dan menarik bagi Anda.

Menurut seorang kreator Diane dalam laman In My Own Style, saat menulis indah di atas papan tulis, sebaiknya kita tidak menggunakan lebih dari tiga jenis font. Selain terlalu ramai, tulisan juga akan tampak ‘penuh’. Bahkan, tulisan bisa cenderung tampak kaku.

3. Buatlah Sketsa Terlebih Dahulu
3. Buatlah Sketsa Terlebih Dahulu

Image by inmyownstyle.com

Supaya tidak bingung untuk menggambar dan menulis apa, ada baiknya jika kita membuat sketsa terlebih dulu. Sketsa dapat dirancang di atas kertas bekas atau HVS dengan pensil. Anda dapat menuangkan inspirasi yang terlintas disana. Jangan lupa untuk menentukan fokus utamanya, ya!

4. Mulailah Menulis Indah di Atas Papan Tulis
4. Mulailah Menulis Indah di Atas Papan Tulis

Image by pinterest.com

Sketsa telah dibuat. Kini, saatnya Anda menggambar dan menulis indah di atas papan tulis. Goreskan ide-ide Anda secara perlahan-lahan. Tak perlu terburu-buru, nikmati saja aktivitas ini. Bahkan, mereka yang awalnya coba-coba kini gemar melakukan aktivitas ini, lho. Tak sedikit pula dari mereka yang mendapatkan rejeki dari aktivitas seni menulis indah di atas papan tulis ini.

5. Berikan Efek dan Ornamen
5. Berikan Efek dan Ornamen

Image by freepik.com

Saat menuangkan inspirasi di atas papan tulis, tak jarang Anda menemukan ‘insight’ atau ide tiba-tiba saat menggambar. Tambahkan saja ide baru dan segar yang tak tercantum dalam sketsa tersebut. Untuk mempercantik gambar dan tulisan, Anda dapat memberikan efek-efek. Misalnya saja tebal tipisnya tulisan dan gambar serta bayangan. Tambahkan pula ornamen-ornamen cantik untuk mempermanis hasil karya. Jangan lupa berikan border dan ornamennya, ya!

6. Hapus dengan Kain Basah Jika Keliru
6. Hapus dengan Kain Basah Jika Keliru

Image by rtape.com

Saking semangatnya, terkadang kita terlalu tebal membuat tulisan atau bahkan keliru. Untuk menghapus bagian yang keliru dan kurang memuaskan, Anda dapat menggunakan kain atau gombal basah. Hindari penggunaan penghapus papan tulis. Penghapus papan tulis dapat memberikan efek buram atau kotor.

Tak hanya untuk estetika saja, seni menggambar dan menulis indah bisa dikembangkan sebagai metode pembelajaran menyenangkan di sekolah,lho. Misalnya saja guru kelas yang menggambar sembari bercerita di sekolah. Atau, mengenalkan anatomi tubuh dan organ manusia dengan metode menggambar indah di papan tulis. Anda bisa juga jadi freelancer menggambar dan menulis indah untuk dekorasi. Hati senang, pundi-pundi uang pun datang. Bagaimana, berani jadi kreatif?