5 Cara Mudah Agar Jantung Jadi Lebih Sehat

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Pada tahun 1990-an, belum terlalu banyak kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Namun, secara mengejutkan, saat ini penyakit tersebut sudah menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Menurut hasil survei Sample Registration Survei 2014 yang dirilis Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit jantung berada di posisi dua dengan persentase 12,9 persen.

Artinya, saat ini penyakit jantung sudah menjadi salah satu penyakit yang membunuh kedua di Indonesia, setelah stroke. Penyakit ini pun ternyata bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang yang berusia tua, melainkan juga orang-orang muda. Fakta ini tentu saja harus jadi perhatian setiap orang, agar bisa menjaga kesehatannya dengan lebih baik lagi. Nah, berikut ini adalah lima cara yang sangat mudah untul dilakukan agar jantung bisa jadi lebih sehat.

1. Terapkan pola makan yang sehat

Image by artikeldokter.com

Makanan menjadi salah satu penyebab terbesar banyaknya penyakit jantung di Indonesia. Sebagai bentuk pencegahan, konsumsilah makanan sehat yang rendah lemak, garam, dan kolesterol. Lalu hindari pula lemak jahat yang terkandung pada daging merah, gorengan, dan makanan dalam kemasan. Gantinya, konsumsi makanan kaya asam lemak Omega 3.

2. Jaga berat badan yang seimbang

Image by vemale.com

Berat badan berlebih, atau obesitas dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah yang bisa memicu penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Masalah kelebihan berat badan ini biasanya banyak terjadi pada pria dengan lingkar pinggang di atas 101 cm, dan pada wanita dengan lingkar pinggang di atas 89 cm.

3. Kelola stres dengan baik

Image by 1health.id

Ketahuilah, bahwa faktanya stres dan amarah yang tidak terkontrol ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, upaya untuk mengelola stres dengan baik sangat diperlukan, demi menjaga kesehatan jantung. Cara manajemen stres yang dilakukankan dengan baik akan dapat berpengaruh positif pada kesehatan jantung.

4. Berolahraga secara rutin

Image by gakbanget.com

Olahraga adalah salah satu upaya penting untuk menjaga kesehatan jantung. Makanya, lakukan olahraga secara rutin, setidaknya sekitar 30-60 menit per hari. Cara ini dapat membantu untuk menjaga berat badan, dan juga menurunkan risiko kondisi yang dapat membahayakan jantung. Apalagi, upaya ini juga diikuti dengan gaya hidup sehat lainnya.

5. Berhenti dan hindari asap rokok

Image by merdeka.com

Bagi para perokok aktif, berhenti merokok pasti sangat sulit. Tapi ingatlah, rokok adalah salah satu hal utama yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahayanya lagi, risiko ini ternyata akan meningkat pada penikmat rokok dengan kadar nikotin dan tar yang lebih rendah, atau perokok pasif yang hanya menghisap asapnya dari para perokok.