3 Metode Diet Populer Ini Bisa Bikin Kamu Kurus

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Banyak wanita yang pastinya merasa tidak nyaman karena berat badan yang berlebih. Tak hanya itu, penampilan pun terasa seperti kurang menarik dan membuat jadi tidak percaya diri saat tampil di depan umum. Apalagi, kelebihan berat badan juga dapat mendatangkan bahaya bagi kesehatan, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga stroke. Pada faktanya, memang ada banyak sekali jenis penyakit kronis yang disebabkan kelebihan berat badan.

Oleh karena itu, tidak sedikit kaum wanita yang rela menjalani diet keras untuk menurunkan berat badannya. Bahkan, ada pula yang sanggup tidak makan nasi dalam waktu yang lama, dan hanya mengonsumsi sayuran atau buah-buahan saja. Namun, cara seperti ini juga tidak bagus, karena akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi. Nah, jika kamu juga ingin menurunkan berat badan, tiga metode diet populer ini dijamin pasti bisa bikin kamu kurus.

1. Atkins Diet

1. Atkins Diet

Image by psikologiunik.info

Melalui metode diet ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi protein rendah lemak dan sayuran rendah zat tepung. Selain itu, hindari berbagai makanan penghasil karbohidrat, seperti tepung dan gula, karena diet ini bertujuan mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Namun, metode Atkins Diet ini sering kali membuat banyak orang cepat bosan dengan menunya, karena terlalu banyak makanan yang harus dihindari. Selain itu, peningkatan asupan protein dan berkurangnya asupan serat bisa menyebabkan insomnia dan pusing.

2. Mediterranian Diet

2. Mediterranian Diet

Image by alodokter.com

Berdasarkan hasil studi klinis yang telah dilakukan, metode diet ini bisa membantu untuk menurunkan lebih banyak berat badan, serta menurunkan resiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

Dalam menjalankan metode Mediterranian Diet, kamu harus banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sumber lemak sehat dari keju dan yoghurt, serta konsumsi ikan, daging merah, dan ayam secukupnya masih boleh.

3. The Zone Diet

3. The Zone Diet

Image by majalah-holiday.com

Melakukan olahraga secara rutin setidaknya selama 30 menit per hari selama enam hari per minggu menjadi salah satu bagian dalam metode diet ini. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi protein rendah lemak dalam tiga kali makan dan dua kali ngemil per hari.

Tidak hanya itu saja, metode The Zone Diet juga menganjurkan kamu untuk menjalani pola makan dengan rasio 40 persen karbohidrat berupa whole grain dan kacang, 30 persen protein, serta 30 persen lemak sehat dari olive oil, kacang-kacangan, dan alpukat.

Jangan lupa, kamu harus memilih sendiri salah satu metode diet yang paling cocok dengan dirimu. Pasalnya, memang setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, sehingga harus menyesuaikan agar bisa menjalankan metode diet tersebut dengan benar dan tanpa beban.