10 Tips Merawat Tanaman di Kebun Rumah

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Tanaman dapat menenangkan mata dan menyegarkan pikiran, sehingga hidup pun terasa lebih rileks. Makanya, banyak orang menyediakan waktu luang untuk menanami halaman rumah dengan berbagai tanaman. Berikut ini 10 tips merawat tanaman di kebun rumah.

1. Menyiram dengan benar

Cara menyiram tanaman dengan benar sangat menentukan untuk bertahan lama. Jika menyiram hingga kelebihan air, maka tanaman bisa membusuk. Makanya, perhatikan saat menyiram, hingga air meluap dan keluar dari lubang yang tersedia pada setiap pot.

Image by majalahonlinewanitaindonesia.com

2. Tambah kelembaban

Bintik-bintik cokelat yang terdapat pada daun merupakan penanda bahwa tanaman mengalami kurang kelembaban. Jika kondisi tersebut terjadi, maka segera tempatkan tanaman di tempat yang lebih lembab. Dengan begitu, maka mereka akan segar lagi.

3. Pencahayaan yang cukup

Beberapa tanaman memang membutuhkan pencahayaan terang untuk bisa melakukan fotosintesis, meski ada pula tanaman yang tetap mampu hidup di tempat yang gelap. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan sinar matahari yang cukup juga sangat penting.

4. Ganti tanah yang lebih baik

Meski air dan pencahayaan sudah tepat, tetap masih ada tanaman yang tidak mampu tumbuh maksimal. Jika hal ini terjadi, maka cara terbaik adalah mengganti media tanam. Coba untuk mengganti tanahnya secara berkala, agar dapat memperbaharui nutrisinya.

Image by pesonatanamanhias.blogspot.com

5. Bersihkan secara berkala

Bersihkan daun demi daun pada tanaman dengan kain halus, dan kemudian hindarkan dari debu. Jangan lupa, lakukan hal tersebut secara berkala. Pasalnya, tanaman pastinya juga menginginkan selalu terlihat bersih dan terbebas dari kotoran, seperti pemiliknya.

6. Basmi hama dan serangga

Keberadaan hama dan serangga di tanaman sangat tidak baik, karena bisa mengganggu dan merusaknya. Oleh karena itu, jika ada tanaman yang menarik perhatian hama dan serangga, maka segeralah berikan pembasmi sehingga tanaman aman dari kerusakan.

7. Pindahkan ke pot besar

Tanaman pastinya akan tumbuh semakin membesar dari waktu ke waktu. Jika di awal tanaman itu ditanam pada pot kecil, maka sebaiknya pindahkan ke pot yang jauh lebih besar jika tanaman telah berkembang. Dengan begitu, mereka bisa tumbuh lebih sehat.

Image by bibitonline.com

8. Rajin memotong ranting

Membersihkan tanaman tidak hanya sekadar mencabut rumput-rumput kecil yang tumbuh di sekitarnya saja. Jangan lupa juga untuk memotong ranting kecil atau daun-daun kering yang cukup mengganggu. Tenang saja, itu tidak akan merusaka tanaman.

9. Berikan pupuk alami

Agar pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal lagi, ada baiknya untuk memberikan pupuk alami dari kotoran hewan atau kompos yang dapat menghasilkan banyak nutrisi. Perhatikan pula komposisi yangtepat dan baik pada saat memberikan pupuk alami itu.

10. Jangan biarkan hidup sendiri

Ternyata tanaman juga tidak mau hidup sendiri. Oleh karena itu, siapkan juga tanaman lain dan letakkan berdekatan. Selain mereka merasa ada banyak teman, kebun rumah atau pekarangan pun akan terlihat lebih indah, apalagi jika ada tanaman yang beragam.